Wednesday 19 June 2013

Fitur Simsimi

Aplikasi simsimi ini memiliki 3 fitur utama. Fitur-fitur tersebut adalah Talk, Teach, dan Quote.


Talk 
Talk biasa digunakan apabila pengguna ingin mengobrol dengan simi. Fitur ini merupakan fitur yang paling sering digunakan dibandingkan dengan dua fitur lainnya. Di laman awal talk akan muncul maskot simsimi yang memulai obrolan dengan kata sapaan ‘hi’. Untuk melakukan obrolan cukup dengan menuliskan pernyataan di kolom yang telah disediakan dibawah kolom obrolan, lalu tekan tombol kirim untuk mengirimkan pernyataan kepada simi. Kemudian simi akan merespon pernyataan tadi sesuai dengan respon
dari sistem. Respon yang diberikan simi dalam obrolan bisa tepat dengan topik yang pengguna obrolkan, namun ada kalanya simi memberikan respon yang tidak sesuai dengan topik yang sedang di obrolkan. Ketika simi tidak memahami pernyataan dari pengguna, alih-alih jawaban simi akan memberikan balasan “I have no respons”.

Fitur talk ini tidak menyediakan fasilitas emoticon seperti aplikasi chatting yang lainnya. Namun terdapat tanda baca yang bisa pengguna gunakan untuk mengekspresikan perkataan pengguna.

Teach

Fitur Teach berbeda dengan fitur talk. Aplikasi ini merupakan artificial intellegence yang mengonsepdasarkan Simsimi sama dengan konsep seorang bayi. Aplikasi artifical intelegent ini pada awalnya tidak mengerti apa-apa sama seperti bayi. Kemudian, sistem ‘mengajari’ beberapa respon untuk menjawab pertanyaan dari pengguna dan kedepannya pengguna dapat mengajarkan respon simi terhadap suatu pernyataan. Sistem disini diibaratkan sebagai orang tua bayi dan pengguna sebagai teman dari bayi tersebut.

Pengguna bisa mengajarkan simi kalimat-kalimat baru yang belum ia mengerti. Simi memang telah mempelajari banyak kalimat tetapi masih banyak juga kalimat yang belum ia mengerti, di fiturinilah pengguna bisa mengajarkannya. Simsimi juga masih belajar berbagai perbendaharaan kata dan bagaimana ia harus menjawab.

Namun ada beberapa aturan saat pengguna mengajari simi kalimat baru yaitu pengguna tidak boleh mengajarkannya kalimat-kalimat yang tidak pantas seperti kalimat yang menyinggung unsurSARA atau ejekan. Hal ini ditujukan agar pengguna tidak jengkel jika obrolan mereka direspon dengan pernyataan seperti itu. Pengguna dilarang untuk mengajarkannya kalimat-kalimat yangkotor karena simi memang dicitrakan sebagai robot chatting yang ramah saat pengguna lain melakukan obrolan dengannya.

Di halaman resmi Simsimi juga terdapat video yang menjelaskan tentang fitur teach pada Simsimi, di mana video ini menceritakan tentang tokoh simi yang mudah untuk diajarkan suatu hal yang baru. Setelah diajarkan simi akan dengan otomatis menjawab pernyataan yang ditulis oleh pengguna dengan apa yang sudah di ajarkan sebelumnya.

Quote

Di fitur quote, pengguna bisa membagikan kata dari percakapan yang dirasa pengguna lucu atau unik. Dalam fitur quote ini terlihat, ada banyak kumpulan percakapan pengguna aplikasi simsimi lainnya yang melakukan percakapan dengan simi dengan menggunakan berbagai topik. Pengguna bisa melihat kata-kata unik tidak hanya yang berbahasa Indonesia, melainkan kata-kata unik dari berbagai bahasa yang bisa kita pilih di kolom yang telah disediakan di samping kanan atas yang bertanda panah kebawah.

Di dalam fitur quote yang terdapat kumpulan kata dari percakapan antara pengguna dengan simi yang dibagi ke dalam 3 bagian yaitu Most Recent, Popular Now, dan Most Like. Bagian Most Recent memuat kumpulan kata paling terbaru yang berlangsung antara simi dengan pengguna. Bagian Popular Now memuat kumpulan kata yang paling terpopuler antara pengguna dengan simi, dalam beberapa kurun waktu tertentu. Sedangkan, bagian Most Like memuat kumpulan kata yang paling disukai oleh para pengguna simsimi. 







No comments:

Post a Comment